Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adu Spesifikasi Yamaha Aerox Dengan ADV 160, Siapa Yang Lebih Unggul

 Di bulan Juli 2022 kemarin pihak Honda melalui PT AHM secara resmi meluncurkan varian skutik terbaru di kelas 160 cc, yaitu Honda new ADV 160. Rupanya hal ini bikin banyak orang yang awalnya kepingin beli Yamaha Aerox jadi berfikir dua kali. Nah pertanyaan yang muncul di benak mereka kurang lebih motor mana yang lebih di prioritaskan ? Berikut perbandingan antara Honda ADV 160 dan Yamaha Aerox.




Perbandingan Mesin


Dilansir dari channel YouTube TV Otomotif,  kalau di adu Honda ADV 160 masih menang dari segi performa, sudah jelas ya bahwa Honda ADV 160 mengusung mesin berkubikasi lebih besar dari Yamaha Aerox. Di Indonesia, Yamaha Aerox hadir dengan mengusung mesin berkubikasi 155 cc, dengan jenis mesin bersilinder tunggal 4 stroke , SOHC dan berpendingin cairan. Jenis mesinnya itu sebenarnya mempunya spesifikasi yang sama dengan Honda ADV 160. Tapi Honda ADV 160 masih unggul secara kapasitas mesin, dengan di bekali mesin berkapasitas 156,9 cc, Honda ADV 160 punya output tenaga sebesar 15,8 HP pada 8500 RPM, serta torsi maksimalnya yaitu 14,7 Nm pada 6500 RPM. Sedangkan Yamaha Aerox mempunyai output tenaga maksimal 15 HP pada 8000 RPM saja.

Nah sudah jelas ya sobat otomotif, bahwa secara kertas Honda ADV 160 secara performa lebih di unggulkan daripada Yamaha Aerox.

Perbedaan Tampilan Desain


Berbicara soal tampilan desain, kayaknya setiap orang memiliki selera masing-masing. Jadi kalau di tanya siapa yang lebih unggul ya jawabnya tergantung sama orangnya sendiri. Tapi sebagai informasi bahwa Yamaha Aerox mempunyai gaya sporty dengan aura seperti motor balap yang kerasa keren. di bagian depannya, Yamaha Aerox ini mempunyai body yang lebar dan full fairing di kedua sisinya. Desainnya pun di buat aerodinamis dengan lekukan body serta garis yang tajam.

Sementara Honda ADV 160 di bagian kepala terlihat lebih tegak kalau di bandingkan denga yamaha Aerox. Body di bagian belakang juga punya penampakan yang lebar sementara body di bagian depan samping, mempunyai lekukan yang tajam. Pijakan kaki untuk pengemudi pada Honda ADV 160 juga bisa di bilang lebih canggih nih daripada yamaha Aerox.

Untuk ban nya, kedua motor memiliki ukuran ban depan yang sama yakni 110/80 R14. Sedangkan untuk ban di bagian belakangnya, Yamaha Aerox tampil dengan ukuran lebih besar yaitu 140/70 R14.

Untuk jenisnya sendiri, Honda ADV hadir dengan membawa ban Radial tubeless. sedangkan Yamaha Aerox menggunakan ban radial saja.

Perbandingan Fitur


Buat fans Yamaha tentunya kalian sudah tahu keunggulan Yamaha Aerox ketimbang Honda ADV 160 ini. Ya apalagi kalau bukan adanyab fitur Y-connect yang bisa menghubungkan keadaan motor ke dalam smartphone ( HP ). Meski begitu bukan berarti Honda ADV 160 kalah unggul. Meskipun tidak punya fitur seperti Y-connect, Honda ADV 160 mempunya kapasitas bagasi yang lebih besar yaitu 30 liter, lebih besar 5 liter dari Yamaha Aerox.

Selain itu, rem yang di pakai Honda ADV pada bagian roda depan dan belakangnya sudah berupa cakram. Berbeda dengan Yamaha Aerox pada rem belakang masih menggunakan tromol.

Terakhir, tidak ada perbedaan yang mencolok dari kedua motor ini. Keduanya pun sama-sama memiliki smart key system, port USB serta lampu LED.

ok sobat otomotif, itu tadi merupakan perbedaan antara Yamaha Aerox dengan Honda ADV 160. Kira-kira sobat otomotif lebih memilih yang mana di antara kedua motor ini, tulis di komentar yupss.

Posting Komentar untuk "Adu Spesifikasi Yamaha Aerox Dengan ADV 160, Siapa Yang Lebih Unggul "